SEGALAKU

SEGALAKU

Rabu, 06 Juni 2012

Testimoni Hasil Survey Dukungan Orangtua Terhadap Proses Belajar Anak



Saat ini, saya sering sekali mendengar dari pelajar khususnya mahasiswa yang menyatakan mereka sangat termotivasi untuk belajar ketika mereka diperhatikan oleh orangtua mereka. Bahkan, di antaranya menyatakan  bahwa mereka belajar adalah semata-mata untuk membanggakan kedua orangtuanya. Artinya bahwa orangtua adalah bagian penting dari proses belajar anak. 

Untuk melihat fenomena tersebut, saya tertarik untuk melakukan penelitian yang diwajibkan pada mata kuliah Psikologi Pendidikan dengan judul “Dukungan Orangtua Terhadap Proses Pembelajaran Anak”. Saya ingin tahu apakah memang benar mahasiswa lebih termotivasi dengan adanya perhatian orangtua, atau justru sebaliknya mahasiswa tidak merasa itu terlalu penting atau bahkan merasa terganggu dengan perhatian orangtua.

Ada kalanya memang orangtua tidak akan terlalu merasa penting membahas pelajaran anak ketika mereka tidak mengerti, atau bidang yang dipelajari anak berbeda dengan bidang orangtua, misalnyaorangtua yang berfrofesi sebagai ahli sastra sedangkan anak fokus mempelajari ilmu teknik mesin. Namun, apakah dalam kasus tersebut tidak dibutuhkan diskusi dengan orangtua atau kegiatan lainnya yang memperlihatkan dukungan motivasi terhadap proses belajar anak?

Dalam penelitian saya mencakup 10 pernyataan yang berhubungan mengenai keadaan yang dipaparkan di atas, yaitu :
  1. Saya sangat mengharapkan orangtua saya memiliki perhatian terhadap proses belajar saya
  2. Saya menginginkan orangtua saya memberi dukungan belajar untuk saya
  3. Saya mengerti bahwa terkadang orangtua saya tidak memahami apa yang saya pelajari sehingga mereka tidak tertarik berdiskusi dengan saya
  4.  Saya tidak suka ketika orangtua saya ikut campur dalam proses belajar saya
  5. Saya lebih termotivasi untuk belajar dengan adanya perhatian dari orangtua saya
  6. Orangtua saya sama sekali tidak memiliki waktu untuk saya
  7.  Saya tidak memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan orangtua saya
  8. Saya tidak suka berdiskusi dengan orangtua saya mengenai permasalahan yang saya hadapi dalam pelajaran saya
  9. Adanya komunikasi mengenai pelajaran saya dengan orangtua saya akan mempererat hubungan orangtua dan anak
  10. Saya merasa kesulitan dan terganggu ketika orangtua saya memberikan perhatian berlebih dalam proses belajar saya

Dengan Opsi Pilihan
-          Sangat setuju
-          Setuju
-          Netral
-          Tidak setuju
-          Sangat tidak setuju

Dari penelitian yang saya lakukan, ada sebanyak 55 responden dan sebagian besar menyatakan setuju atau sangat setuju untuk pernyataan 1, 2, 5, dan 9, menyatakan tidak setuju atau bahkan sangat tidak setuju untuk pernyataan 4, 6,7, 8, dan 10, serta nilai netral lebih besar pada pernyataan ke 3 walaupun pada pernytaan 10 dan juga 4 memiliki responden netral yang agak besar (untuk lebih jelasnya akan dipaparkan tabel penelitian pada lampiran).

Dari hasil penelitian saya, kesimpulan yang saya dapatkan melalui respon dari mahasiswa Universitas Sumatera Utara adalah bahwa sebagian besar dari mahasiswa memang sangat membutuhkan dukungan dari orangtua sebagai motivasi dan penyemangat belajar. Orangtua tidaklah mengganggu ketika memerhatikan proses belajar anak dan justru perhatian itulah yang membangkitkan kemauan belajar pada anak. Walaupun demikian tak dapat dipungkiri bahwa sebagian kecil dari responden merasa bahwa perhatian orangtua tidak terlalu penting dalam proses belajar, hal ini mungkin disebabkan karena si anak yang memang tidak suka diperhatikan berlebihan, adanya komunikasi  dan hubungan yang kurang baik dengan orangtua, serta kurangnya kebersamaan akibat tidak ada waktu saling bertemu antara anak dengan orangtua. Sebagai calon orangtua, mahasiwa harus dapat memahami keadaan tersebut, jangan sampai kita juga akan mengalami hal yang sama dengan anak-anak kita, melainkan memberi pengajaran yang efektif sehingga mereka dapat merasakan bahwa dukungan orangtua memang sangat penting bagi kemajuan pembelajaran anak.

Berikut adalah hasil dari ke 55 responden dalam menjawab pertanyaan dengan tidak melampirkan nama pengisi karena dijaga dan dijamin kerahasiaannya.
Dengan petunjuk 1 sebagai sangat tidak setuju, 2 tidak setuju, 3 netral, 4 setuju, dan 5 sebagai sangat setuju.

Pertanyaan
1
2
3
4
5

Saya sangat mengharapkan orangtua saya memiliki perhatian terhadap proses belajar saya

0
1
8
23
23
55
Saya menginginkan orangtua saya memberi dukungan belajar untuk saya
0
0
4
27
24
55
Saya mengerti bahwa terkadang orangtua saya tidak memahami apa yang saya pelajari sehingga mereka tidak tertarik berdiskusi dengan saya

1
8
25
17
4
55
Saya tidak suka ketika orangtua saya ikut campur dalam proses belajar saya
10
22
18
5
0
55
Saya lebih termotivasi untuk belajar dengan adanya perhatian dari orangtua saya

1
3
13
22
16
55
Orangtua saya sama sekali tidak memiliki waktu untuk saya

22
20
9
3
1
55
Saya tidak memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan orangtua saya

20
27
3
2
2
54
Saya tidak suka berdiskusi dengan orangtua saya mengenai permasalahan yang saya hadapi dalam pelajaran saya

8
25
12
9
0
54
Adanya komunikasi mengenai pelajaran saya dengan orangtua saya akan mempererat hubungan orangtua dan anak

1
2
10
29
12
54
Saya merasa kesulitan dan terganggu ketika orangtua saya memberikan perhatian berlebih dalam proses belajar saya

5
22
21
6
1
55

Tidak ada komentar:

Posting Komentar