Saat ini, saya sering sekali
mendengar dari pelajar khususnya mahasiswa yang menyatakan mereka sangat
termotivasi untuk belajar ketika mereka diperhatikan oleh orangtua mereka.
Bahkan, di antaranya menyatakan bahwa mereka
belajar adalah semata-mata untuk membanggakan kedua orangtuanya. Artinya bahwa
orangtua adalah bagian penting dari proses belajar anak.
Untuk melihat fenomena tersebut,
saya tertarik untuk melakukan penelitian yang diwajibkan pada mata kuliah
Psikologi Pendidikan dengan judul “Dukungan Orangtua Terhadap Proses
Pembelajaran Anak”. Saya ingin tahu apakah memang benar mahasiswa lebih
termotivasi dengan adanya perhatian orangtua, atau justru sebaliknya mahasiswa
tidak merasa itu terlalu penting atau bahkan merasa terganggu dengan perhatian orangtua.
Ada kalanya memang orangtua tidak
akan terlalu merasa penting membahas pelajaran anak ketika mereka tidak
mengerti, atau bidang yang dipelajari anak berbeda dengan bidang orangtua,
misalnyaorangtua yang berfrofesi sebagai ahli sastra sedangkan anak fokus
mempelajari ilmu teknik mesin. Namun, apakah dalam kasus tersebut tidak
dibutuhkan diskusi dengan orangtua atau kegiatan lainnya yang memperlihatkan
dukungan motivasi terhadap proses belajar anak?
Dalam penelitian saya mencakup 10
pernyataan yang berhubungan mengenai keadaan yang dipaparkan di atas, yaitu :
- Saya sangat mengharapkan orangtua saya memiliki perhatian terhadap proses belajar saya
- Saya menginginkan orangtua saya memberi dukungan belajar untuk saya
- Saya mengerti bahwa terkadang orangtua saya tidak memahami apa yang saya pelajari sehingga mereka tidak tertarik berdiskusi dengan saya
- Saya tidak suka ketika orangtua saya ikut campur dalam proses belajar saya
- Saya lebih termotivasi untuk belajar dengan adanya perhatian dari orangtua saya
- Orangtua saya sama sekali tidak memiliki waktu untuk saya
- Saya tidak memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan orangtua saya
- Saya tidak suka berdiskusi dengan orangtua saya mengenai permasalahan yang saya hadapi dalam pelajaran saya
- Adanya komunikasi mengenai pelajaran saya dengan orangtua saya akan mempererat hubungan orangtua dan anak
- Saya merasa kesulitan dan terganggu ketika orangtua saya memberikan perhatian berlebih dalam proses belajar saya
Dengan
Opsi Pilihan
-
Sangat setuju
-
Setuju
-
Netral
-
Tidak setuju
-
Sangat tidak setuju
Dari penelitian yang saya
lakukan, ada sebanyak 55 responden dan sebagian besar menyatakan setuju atau
sangat setuju untuk pernyataan 1, 2, 5, dan 9, menyatakan tidak setuju atau
bahkan sangat tidak setuju untuk pernyataan 4, 6,7, 8, dan 10, serta nilai
netral lebih besar pada pernyataan ke 3 walaupun pada pernytaan 10 dan juga 4
memiliki responden netral yang agak besar (untuk lebih jelasnya akan dipaparkan
tabel penelitian pada lampiran).
Dari hasil penelitian saya,
kesimpulan yang saya dapatkan melalui respon dari mahasiswa Universitas
Sumatera Utara adalah bahwa sebagian besar dari mahasiswa memang sangat
membutuhkan dukungan dari orangtua sebagai motivasi dan penyemangat belajar.
Orangtua tidaklah mengganggu ketika memerhatikan proses belajar anak dan justru
perhatian itulah yang membangkitkan kemauan belajar pada anak. Walaupun
demikian tak dapat dipungkiri bahwa sebagian kecil dari responden merasa bahwa
perhatian orangtua tidak terlalu penting dalam proses belajar, hal ini mungkin
disebabkan karena si anak yang memang tidak suka diperhatikan berlebihan,
adanya komunikasi dan hubungan yang
kurang baik dengan orangtua, serta kurangnya kebersamaan akibat tidak ada waktu
saling bertemu antara anak dengan orangtua. Sebagai calon orangtua, mahasiwa
harus dapat memahami keadaan tersebut, jangan sampai kita juga akan mengalami
hal yang sama dengan anak-anak kita, melainkan memberi pengajaran yang efektif
sehingga mereka dapat merasakan bahwa dukungan orangtua memang sangat penting
bagi kemajuan pembelajaran anak.
Berikut adalah hasil dari ke 55
responden dalam menjawab pertanyaan dengan tidak melampirkan nama pengisi
karena dijaga dan dijamin kerahasiaannya.
Dengan petunjuk 1 sebagai sangat tidak
setuju, 2 tidak setuju, 3 netral, 4 setuju, dan 5 sebagai sangat setuju.
Pertanyaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Saya
sangat mengharapkan orangtua saya memiliki perhatian terhadap proses belajar
saya
|
0
|
1
|
8
|
23
|
23
|
55
|
Saya menginginkan orangtua saya memberi dukungan belajar untuk saya
|
0
|
0
|
4
|
27
|
24
|
55
|
Saya mengerti bahwa terkadang
orangtua saya tidak memahami apa yang saya pelajari sehingga mereka tidak
tertarik berdiskusi dengan saya
|
1
|
8
|
25
|
17
|
4
|
55
|
Saya tidak suka ketika orangtua saya ikut campur dalam proses belajar
saya
|
10
|
22
|
18
|
5
|
0
|
55
|
Saya
lebih termotivasi untuk belajar dengan adanya perhatian dari orangtua saya
|
1
|
3
|
13
|
22
|
16
|
55
|
Orangtua
saya sama sekali tidak memiliki waktu untuk saya
|
22
|
20
|
9
|
3
|
1
|
55
|
Saya
tidak memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan orangtua saya
|
20
|
27
|
3
|
2
|
2
|
54
|
Saya
tidak suka berdiskusi dengan orangtua saya mengenai permasalahan yang saya
hadapi dalam pelajaran saya
|
8
|
25
|
12
|
9
|
0
|
54
|
Adanya
komunikasi mengenai pelajaran saya dengan orangtua saya akan mempererat
hubungan orangtua dan anak
|
1
|
2
|
10
|
29
|
12
|
54
|
Saya merasa kesulitan dan terganggu ketika
orangtua saya memberikan perhatian berlebih dalam proses belajar saya
|
5
|
22
|
21
|
6
|
1
|
55
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar